Hanya mengembangkan aplikasi untuk ide aplikasi seluler Anda tidak cukup untuk menghasilkan banyak uang. Anda perlu memberikan nama yang menarik yang dapat dengan mudah diingat oleh audiens potensial untuk meningkatkan jumlah unduhan.
Anda mungkin berpikir “Apalah arti nama itu?” SEMUANYA.
Menurut Anda, apakah Stefani Germanotta terdengar goyang seperti Lady Gaga dan Eldrick Woods terdengar sporty seperti Tiger Woods? Tidak. Tidak pernah. Hanya karena alias inilah selebritas ini menjadi nama rumah tangga. Dan dunia aplikasi seluler tidak berbeda.
Nama yang menarik untuk sebuah aplikasi dapat membantu Anda menciptakan kesan pertama di App store yang penuh sesak di mana terdapat jutaan aplikasi gratis. Ini dapat membantu Anda menonjol dari beberapa aplikasi serupa lainnya di ceruk yang sama. Jika Anda telah mewujudkan ide aplikasi seluler Anda, maka sekarang saatnya untuk memberinya nama yang bagus sehingga semua upaya Anda dalam mengembangkan aplikasi tidak sia-sia. Di sini, di artikel ini, kami akan membahas beberapa tips untuk memberi nama aplikasi Anda agar tidak luput dari perhatian ratusan aplikasi serupa.
1. Petunjuk tentang fungsinya
Nama aplikasi Anda harus sesuatu yang berhubungan dengan apa yang dilakukannya. Jangan mencari sesuatu yang benar-benar tidak jelas, jika tidak, Anda harus banyak bergantung pada ikon aplikasi Anda untuk menyampaikan fungsionalitas aplikasi Anda.
Sebelum mulai mempertimbangkan nama untuk aplikasi Anda, Anda perlu melakukan beberapa pekerjaan rumah. Identifikasi tujuan akhir produk Anda, audiens targetnya, dan respons emosional pengguna Anda mengenai produk Anda. Setelah Anda selesai mengenali faktor-faktor ini, mulailah dengan metode konvensional penamaan aplikasi – pasangkan fungsionalitas aplikasi Anda dengan kata yang meningkatkan orisinalitasnya. Kejelasan dan dapat dikenali adalah dua faktor terpenting saat memberi nama aplikasi.
2. Jadilah asli
Jelas, hal pertama yang akan Anda pikirkan saat memberi nama sebuah aplikasi adalah menghubungkan nama tersebut dengan aplikasi populer lainnya. Seperti sesuatu dengan awalan Facebook atau Insta. Tetapi lihat bahwa dalam mendapatkan pengakuan, aplikasi Anda akan kehilangan legitimasinya. Mengapa ada orang yang tertarik untuk mengunduh aplikasi ke-50 di Play Store bernama Facebook-sesuatu atau Insta-sesuatu ketika mereka mendapatkan yang asli? Jangan terpikat untuk menamai aplikasi Anda dengan mengaitkannya dengan aplikasi konvensional. Jangan menjadi peniru, jadilah orisinal.
3. Belajar dari orang lain
Meskipun nama Anda harus unik, Anda selalu dapat mengambil inspirasi dari pesaing Anda terutama ketika Anda mencoba memasuki kategori aplikasi yang terlalu ramai. Lihat aplikasi apa yang mirip dengan aplikasi Anda yang telah diberi nama dan catat apa yang berhasil dan yang tidak. Namun, seperti yang kami katakan sebelumnya, jangan menjadi peniru. Jangan menduplikasi nama aplikasi pesaing Anda dan cukup tambahkan karakter tambahan ke dalamnya. Ini tidak akan mendapatkan poin brownies ke aplikasi Anda tetapi akan memperburuk citra Anda.
4. Gunakan kata-kata nyata
Saat mempertimbangkan nama untuk aplikasi Anda, pikirkan bagaimana orang akan memberi tahu teman mereka tentang aplikasi tersebut sehingga mereka dapat mengunduhnya juga? Meskipun Anda diperbolehkan mengarang kata-kata baru, jangan melakukan sesuatu yang sulit untuk diucapkan dan diingat. Pikirkan nama yang dapat dibicarakan orang di dunia nyata dan tidak memerlukan kertas dan ingatan yang baik untuk mengejanya dengan benar. Meskipun aplikasi Anda bisa menjadi sukses dengan nama yang aneh juga, tetapi sekali lagi, mengapa mengambil risiko?
5. Optimalkan nama Anda untuk pencarian toko aplikasi dan media sosial
Ini adalah salah satu faktor terpenting yang perlu diingat saat memberi nama aplikasi. Pilih nama yang menyertakan kata kunci yang Anda inginkan untuk peringkat aplikasi Anda di app store. Tapi jangan memasukkan kata kunci. Gunakan dengan hemat dan dengan cara yang alami dalam judul dan deskripsi. Ini akan membantu meningkatkan peringkat aplikasi Anda di app store. Juga, pastikan bahwa nama aplikasi Anda tersedia sebagai nama domain dan sebagai akun media sosial. Ini sangat diperlukan untuk memasarkan aplikasi Anda.
Anda dapat menggunakan alat seperti Google Keyword Planner untuk penelitian kata kunci.
6. Temukan panjang yang tepat
Jaga agar nama aplikasi Anda tetap pendek dan ringkas. Jangan menggunakan nama yang panjang karena akan sulit untuk diingat. Di sisi lain, mencari nama yang terlalu pendek akan membuat Anda kesulitan menemukan nama yang tidak diambil oleh orang lain. Menambahkan ketersediaan pegangan media sosial dan nama domain ke kriteria ini akan semakin mempersempit daftar. Jadi, pilih nama yang pendek dan ringkas, mudah diingat, dan yang menyampaikan fungsionalitas aplikasi Anda.