Kuil Budha Terbesar di Abad ke-9

Borobudur ialah candi paling besar di Indonesia. Candi Borobudur terdapat di Magelang, Jawa Tengah, tidak hanya jadi tempat wisata populer, candi ini jadi pusat pemujaan buat umat Buddha di Indonesia, khususnya pada tiap perayaan Waisak. Candi Borobudur dikenal juga jadi “Biara di bukit” sebab terdapat di bukit.

Goa Kiskendo Yogyakarta

Kuil ini dibuat seputar 800 SM atau era ke-9 serta sudah diputuskan jadi satu diantara warisan budaya UNESCO serta bukan sekedar membuat bangga kebanyakan orang di Indonesia dan juga di penjuru dunia. Kuil Budha ini mempunyai 1460 panel relief serta 504 patung Buddha. Borobudur dibuat oleh Samaratungga, satu diantara raja Kerajaan Mataram Lama, keturunan Sailendra. Gunadarma ialah arsitek rekor jadi satu orang yang sukses membuat candi ini.

Watu Amben Yogyakarta

 

Basis Borobudur, yang disebutkan Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat oleh nafsu. Empat tingkat yang disebut di atas sebagai wakil Rupadhatu, manusia yang sudah melepaskan diri dari nafsu tapi masih terikat dengan tampilan serta bentuk. Candi Borobudur keseluruhannya mempunyai sepuluh tingkat yang terbagi dalam enam tingkat persegi, tingkat melingkar tiga lingkaran serta stupa penting jadi pucuk. Di tiap tingkat ada banyak stupa. Keseluruhannya ada 72 kubah di samping stupa penting. Di tiap stupa ada patung Buddha.

Bukit Cendana

 

Pada dinding ada relief dinding candi Borobudur yang bercerita cerita legendaris Ramayana. Diluar itu, ada panel pertolongan yang memvisualisasikan keadaan warga waktu itu. Semua panel relief di Candi Borobudur menggambarkan ajaran Buddha. Karena itu, candi ini berperan jadi media pendidikan buat beberapa orang yang ingin belajar agama Buddha

Jeannet Blog © 2018 Frontier Theme